Ini Yang Akan Dilakukan Dinas PUPR Kabupaten Tubaba Tahun 2023

TUBABA – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) mengampu 12 program hasil penjabaran Keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kepmendagri) Nomor 50 Tahun 2020, Kamis, 26-Januari-2023.


Menurut Iwan Mursalin selaku Kepala Dinas PUPR Tubaba melalui Sadarsyah selaku Sekretaris Kepmendagri tersebut, untuk rencana kerja Dinas PUPR Kabupaten Tubaba Tahun Anggaran 2023 tetap selaras dengan misi 1 dan 3 pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Daerah.

“RPJM yang dimaksud yakni memperluas cakupan prasarana, sarana dan utilitas wilayah yang bersinergi dan terintegrasi antar wilayah dengan fokus meningkatkan kualitas hidup, Sumber Daya Manusia (SDM) kabupaten setempat, persentase infrastruktur dalam kondisi mantap dan indeks kualitas lingkungan hidup,” ucap Sadarsyah pada Kamis, 26-Januari-2023 siang.

Dijelaskan Sadarsyah, program-program tersebut fokus pada bidang-bidang yang ada di Dinas PUPR Kabupaten Tubaba.

“Untuk bidang bina marga, tetap pada kapasitasnya seperti pembangunan, peningkatan struktur jalan untuk menambah persentase jalan mantap dan kegiatan pemeliharaan rutin jalan untuk menjaga kondisi jalan mantap. Kalau untuk pembangunannya di Jalan Protokol pada kawasan Kota Budaya Uluan Nughik, serta beberapa ruas jalan yang lokasinya tersebar di kabupaten setempat,” jelasnya.

“Kalau untuk bidang cipta karya, kita fokuskan untuk penyediaan infrastruktur perkantoran, seperti lanjutan pembangunan gedung kantor MPP dan penambahan dua gedung kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan lanjutan bangunan perpustakaan, serta operasional pemeliharaan komplek dunia akhirat (Islamic Center),” imbuhnya.

Sedangkan untuk Bidang Tata Ruang, Sadarsyah menerangkan bahwa akan menyelesaikan tahapan peninjauan kembali RT-RW Kabupaten Tubaba yang saat ini masuk pada tahapan persetujuan substansi, lalu Bidang Pengairan akan melakukan pemeliharaan dan operasional jaringan irigasi dan embung, sedangkan Bidang Perencanaan ranahnya penyediaan dokumen perencanaan teknis serta peningkatan kapasitas dan produktifitas tenaga kerja konstruksi lokal yang dibagi kedalam beberapa jenis pelatihan.

“Untuk peningkatan kapasitas dan disiplin pegawai, pimpinan memerintahkan untuk dilaksanakannya apel pagi rutin di lingkup Dinas PUPR yang petugasnya bergiliran dari masing-masing bidang yang pimpinan, berkeyakinan bahwa peningkatan disiplin dan SDM berbanding tegak lurus terhadap peningkatan kinerja OPD” pungkasnya. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post