Waspada Cuaca Buruk, H-3 Nataru, 233 Ribu Penumpang dan 51 Ribu Kendaraan Menyeberang ke Sumatera

MERAK (Lampungpro.co): Pengguna jasa diimbau agar tetap berhati-hati saat menyeberang, tetap waspada cuaca buruk, pastikan kondisi stamina, dan kendaraan tetap prima. Hingga H-3 Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyeberangkan 233 ribu penumpang dan 51 ribu unit kendaraan dari Jawa menuju Sumatera. Diperkirakan, puncak arus berangkat Natal akan terjadi pada Jumat (23/12/2022) hingga Sabtu (24/12/2022).


Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin mengatakan, ASDP memastikan layanan operasional pada puncak arus berangkat Natal yang diperkirakan terjadi malam ini dan besok, dapat berjalan lancar. "Harapan kita bersama, puncak arus yang diperkirakan terjadi malam ini dan besok dapat berjalan lancar, aman dan kondusif. Namun, kami mengimbau para pengguna jasa agar tetap berhati-hati saat melakukan penyeberangan, tetap mewaspadai cuaca buruk, dan pastikan kondisi stamina dan kendaraan agar tetap sehat dan prima," tutur Shelvy.

Berdasarkan data Posko Merak selama 24 jam (periode 22 Desember 2022 pukul 08.00 WIB hingga 23 Desember 2022 pukul 08.00 WIB) atau H-3, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 24 unit kapal. Adapun realisasi total penumpang mencapai 38.310 orang atau naik 9% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 35.088 orang.

Total kendaraan tercatat 8.126 unit yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera. Pada H-3 atau turun 4% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 8.500 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Sumatera mulai dari H-8 hingga H-3 tercatat 233.352 orang atau naik 8% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu. Sebanyak 216.691 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 51.431 unit atau naik 3% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 50.418 unit.

Sebaliknya, data Posko Bakauheni pada H-3 (24 jam) tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 29 unit kapal. Adapun realisasi total penumpang mencapai 32.507 orang atau naik 24% persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 26.152 orang. Total seluruh kendaraan tercatat 7.411 unit yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa pada H-3 atau naik 4% persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 7.131 unit.

Sedangkan total penumpang yang menyeberang dari Sumatera ke Jawa mulai dari H-8 hingga H-3 tercatat 206.608 orang atau naik 40% dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 147.770 orang. Dan untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 74.166 unit atau naik 24 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 59.737 unit.

Beli Tiket Online secara Mandiri

ASDP juga meminta kepada seluruh pengguna jasa agar menghindari beli tiket di calo. Namun membeli secara mandiri via Ferizy sehingga perjalanan lebih terjamin, lebih aman, tidak perlu mengantre, dan pastinya lebih nyaman.

Pengguna jasa khususnya di lintas Merak-Bakauheni pastikan beli tiket online secara mandiri hanya di Website Ferizy, Aplikasi Ferizy, atau di mitra resmi ASDP, yaitu: Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point). Pengguna jasa,, yang membeli tiket untuk mengatur waktu di hari H agar tidak terlambat dan melakukan check in 2 jam sebelumnya.

Tiket akan kedaluarsa jika melewati waktu jadwal masuk pelabuhan. Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan.

ASDP juga menerapkan screening penumpang dengan memberikan stiker di beberapa titik screening sebagai penanda bagi kendaraan yang memiliki tiket dan tiba sesuai jam layanan untuk selanjutnya diarahkan menuju pelabuhan.

Pos screening akan diimplementasikan di sejumlah titik menuju Pelabuhan, yakni untuk Merak akan berada di Rest Area Tol Tangerang Merak KM 43 dan KM 68, Exit Tol Merak, Cikuasa Atas, Cikuasa Bawah, dan Pos Gerem.

Selanjutnya, untuk Bakauheni, pos screening akan tersebar di Rest Area KM 87B, KM 67B, KM 49B, KM 33B, KM 20B dan jalur arteri. Sementara untuk di Ketapang, berada di Terminal Bus Sritanjung, dan di Gilimanuk akan berada di Terminal Cargo Cekik.

"Di setiap pos screening yang berada di rest area jalan tol dan arteri, ASDP menyiapkan booth edukasi dan petugas yang akan memeriksa dan memastikan calon penumpang sudah membeli tiket melalui Ferizy. Setelah dipastikan oleh petugas eligible, pengguna jasa dapat diarahkan menuju pelabuhan," ujar Shelvy. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel