Musra Relawan Jokowi Lampung Prabowo Capres dan Cawapres Erick Thohir

Bandar Lampung - Perhitungan voting manual dari Kotak suara Musyawarah Rakyat (Musra) XI Lampung di Rumha Siber Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) menghasil dukungan Calon Presidin kepada Prabowo Subianto dengan perolehan tertinggi mencapai 29% dari total 1.863 surat suara, di susul Calon Wakil Presiden Erick Thohir, Rabu 21 Desember 2022 malam.



Dari total 1.863 suara, Prabowo Subianto memperoleh suara terbanyak dengan 541 vote dan Erick Thohir memperoleh suara terbanyak sebagai cawapres dengan 1.065 vote. Di bawah Prabowo Subianto, ada nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperoleh 378 suara dan Ketua DPR RI Puan Maharani memperoleh 362 suara.

Untuk Calaon presiden ada juga pemilih untuk Jokowi tiga periode ada 208 suara, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto 123 suara, lalu ketua PKB Muhaimin Iskandar 87 suara, Erick Thohir 60 suara, Anies Baswedan 59 suara, Mahfud MD 19 suara, Agus Harimurti Yudhoyono 10 suara, Ridwan Kamil 9 suara dan Kaesang Pangarep 4 suara.

Pada perhitungan suara juga muncul nama dua tokoh lokal yang mucul yakni Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dengan 4 suara dan Mantan Kapolda Lampung Ike Edwin dengan total suara abstarin lima suara.

Untuk pilihan Calon Wakil Presiden, tertinggi Erick Thohir, kemudian Puan Maharani dengan 275 suara, Muhaimin Iskandar dengan 166 suara dan Sandiaga Uno 120 suara. Nama Mahfud MD ada 62 suara, Ganjar Pranowo 60 suara, Agus Harimurti Yudhoyono 23 suara, dan Prabowo Subianto 18. Nama Anies Baswedan, Megawati Soekarnoputri, Jokowi, Ricko, Gibran Rakabuming dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim juga diusung Wakil Presiden dengan masing-masing hanya memperoleh 1 suara.

Koordinator Musra XI Lampung Faisol Sanjaya mengatakan, setelah panitia nasional walkout dari Musra, pihaknya melakukan negosiasi terkait pembacaan surat suara 2×24 jam. Kemudian panitia lokal menggelar rapat evaluasi di sekretariat DPW Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) Lampung, Selasa 20 Desember 2022.

“Dan panitia lokal sepakat membuka kotak suara yang disegel dan dititipkan di Sekretariat Pujakesuma. Kemudian untuk menjaga netralitas penghitungan kota suara disepakati di Kantor JMSI Lampung. Diterima atau tidak oleh pusat maka ini akan tetap diumumkan karena ini amanah rakyat dan suara akar rumput,” katanya.

Perhitungan suara dimulai usai sholat Magrib, dan baru rampungu sekitar pukul 23.00. Panitia kemudian merekap hasil, dan disampaikan kepada wartawan yang hadir. (

Post a Comment

Previous Post Next Post