Sidang Suap Unila, Kades di Merbau Mataram Hubungi Mendag Zulkifli Hasan Minta Bantu Keponakan Masuk Kedokteran

BANDAR LAMPUNG - Terungkap, mahasiswa yang menitip ke Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan, merupakan keponakan Kepala Desa Tanjung Baru, Merbau Mataram, Lampung Selatan Helmi Yusuf. Ada pun mahasiswa itu berinisial ZKA, yang sebelumnya disebut dalam kasus suap penerimaan mahasiswa baru Universitas Lampung (Unila).


-
Hal itu terungkap, saat Helmi Yusuf bersaksi dalam kasus suap Unila terhadap terdakwa Andi Desfiandi di Pengadilan Negeri Tanjungkarang, Rabu (14/12/2022). Dalam persidangan, Helmi Yusuf meminta bantuan ke Zulkilfi Hasan, karena melihat kemampuan akademik keponakannya saat sekolah.

"Setelah itu, saya iseng coba minta arahan bantuan, dan saya telpon Zulkifli Hasan, dia teman sebangku saya di pendidikan agama. Saya punya nomor Zulkifli Hasan dari grup sekolah," kata Helmi Yusuf dalam persidangan.

Helmi Yusuf kemudian menceritakan maksud dan tujuannya menghubungi Zulkifli Hasan, untuk menitipkan keponakannya agar diterima di Fakultas Kedokteran Unila. Namun usaha pertamanya menghubungi Zulkifli Hasan, sempat tidak diangkat.

"Karena keponakan saya lulus di SMA punya peringkat bagus, jadi pikir saya karena dia pejabat, masa iya tidak bisa kasih arahan dan lainnya. Lalu saya WhatsApp Zulkifli Hasan, minta izin nomornya saya kasih ke adik saya (orang tua ZKA)," ujar Helmi Yusuf.

Setelah itu, Helmi Yusuf memberikan nomor Zulkifli Hasan ke adiknya diketahui bernama Ahmad Tamsil. Setelah itu, Helmi Yusuf mengaku tidak mengetahui, apakah adiknya itu menghubungi Zulkifli Hasan atau tidak, termasuk terkait dugaan setoran uang disebut infaq sebagai mahar kelulusan ZKA.

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel