Warga Duduki Lahan Sawit PT SIL, Wasekjen Bara JP Minta BPN Panggil Perusahaan

Wasekjen Bara JP Relly Reagen tanggapi aksi pendudukan lahan sawit anak perusahaan Sinar Mas Grup, yang berada di Kampung Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji Lampung.



Dia minta Menteri BPN memanggil perusahaan soal HGU agar tak terjadi pengabaian hak-hak rakyat. "Kami dari DPP Bara JP sudah melaporkannya ke KSP dan Kementerian BPN adanya tuntutan warga," ujarnya, Minggu (6/11/2022).
Reagen mengungkapnya hal itu terkait adanya ratusan Masyarakat Adat Buay Mencurung Mesuji menduduki lahan seluas 5.000 hektare yang bersengketa dengan PT SIP, anak perusahaan Sinar Mas Grup di Kampung Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, Minggu (6/11/2022).

Saidi, koordinator aksi mengungkapkan masyarakat adat menuntut PT SIP untuk mengembalikan lahan seluas 4.345 hektare yang telah dikelola perusahaan sejak tahun 1990 yang tak pernah diganti rugi sampai sekarang.

Aksi pendudukan masyarakat dilakukan karena sudah berkali - kali melakukan aksi protes mulai dari depan Istana Presiden, Kantor BPN ATR RI, dan DPD RI dan lainnya. Respon berbagai pihak cukup terbuka namun tidak memperlihatkan hasil yang jelas.

"Aksi protes yang dilakukan hari ini akan terus berlanjut sampai tuntutan terpenuhi" tutup Saidi. 

Post a Comment

Previous Post Next Post