Mahasiswi Korban Dugaan Pelecehan Oknum Dosen IAIN Kota Metro Dinas P3AP2KB Siap Dampingi Korban

Kota Metro – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Metro, akan melakukan pendampingan psikologis terhadap sejumlah mahasiswi yang diduga menjadi korban seksual oleh oknum dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kota Metro



Kepala DP3AP2KB Kota Metro, Prayitno mengungkapkan, pendampingan psikologis itu dilakukan, setelah adanya laporan polisi dari korban kekerasan dan seksual.

“Terkait hal-hal yang menarik perhatian seksual itu, pada prinsipnya bersiap untuk melakukan pendampingan psikologis terhadap para korban. Tetapi, pendampingan itu dilakukan setelah adanya laporan Polisi, yang menjadi dasar memberikan layanan pendampingan psikologis,” katanya. Jum’at, (11/11/2022).

Ia menjelaskan, pendampingan psikologis pada perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan dan seksual, merupakan upaya untuk mengobati trauma pasca peristiwa. hanya bersifat penjangkauan saja terhadap korban. Untuk pendampingan hukum, ada di kepolisian.

Prayitno juga menjelaskan, mencatat, ada 20 perkara atau kasus kekerasan dan seksual terhadap perempuan dan anak di Kota Metro. Data tersebut tercatat sejak Januari hingga November 2022, dan perkara ini sudah ditangani pihak kepolisian.

Dari semua itu, 17 kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak tercatat Januari hingga Oktober 2022, dan 3 kasus di November 2022. Secara rinci, angka kasus meningkat, 17 kasus bertambah 3 kasus. 9 kasus di alam pada perempuan dan 11 kasus yang dialami pada anak.

“Dari sini, mengimbau agar masyarakat khususnya orang tua dapat meningkatkan pengawasan anak yang sedang menempuh pendidikan di sekolah maupun perguruan tinggi,”ungkap Prayitno.

Post a Comment

Previous Post Next Post