Buka Kegiatan Semarak UMKM Tanggamus 2022, Gubernur Paparkan Program Prioritas Pengembangan UMKM di Provinsi Lampung

BANDARLAMPUNG---Berlangsung meriah, gelaran Semarak UMKM Tanggamus 2022 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Tanggamus bekerjasama dengan Dekranasda Kabupaten Tanggamus menyedot banyak perhatian pengunjung yang memadati Mal Bumi Kedaton, Jumat (04/11/2022).



Kegiatan tersebut dibuka secara langsung oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang hadir beserta Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Riana Sari Arinal.

Pada kesempatan tersebut Gubernur mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanggamus yang telah menyelenggarakan kegiatan Semarak Tanggamus 2022 dalam rangka pemberdayaan UMKM Lampung terutama di Kabupaten Tanggamus.

"Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Tanggamus beserta seluruh stakeholder atas kerja kerasnya dalam pemberdayaan UMKM di Provinsi Lampung. Saya berharap kegiatan ini akan menjadi kebangkitan ekonomi di sektor UMKM, sektor ekonomi kreatif, dan terjadi peningkatan investasi daerah, hingga terciptanya lapangan kerja baru untuk kesejahteraan masyarakat Lampung," ucap Gubernur.

Bangkitnya UMKM sebagai roda perekonomian menurut Gubernur sangat penting, terutama dalam masa pemulihan ekonomi paska pendemi Covid-19.

Pandemi Covid-19 di Indonesia secara nyata berdampak pada sektor ekonomi, yang pada akhirnya mempengaruhi kondisi perekonomian negara.

"Namun Alhamdulillah kita bersyukur, berkat kerja keras kita bersama,pertumbuhan ekonomi khususnya di Provinsi Lampung pada Triwulan II Tahun 2022 mampu tumbuh mencapai 9,12 persen (q to q), begitu pula dengan inflasi yang masih bisa kita kendalikan," terangnya.

Namun demikian, berbagai upaya untuk pemulihan ekonomi pasca covid-19. Gubernur menyatakan perlunya penguatan sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Mengapa demikian, karena UMKM menyerap hingga 97 persen dari total tenaga kerja, serta memberikan kontribusi 61 persen terhadap PDB nasional. Selain itu, UMKM menyumbang 15 persen dari total ekspor nasional serta menarik hingga 60,42 persen dari total investasi untuk Indonesia.

Gubernur juga menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung terus berupaya untuk memajukan UMKM. Adapun program prioritas pengembangan Koperasi dan UKM Provinsi Lampung Tahun 2021/2022 antara lain Perluasan Akses Pasar/ Digitalisasi, Peningkatan Kapasitas SDM Koperasi dan UMKM, serta Pengawasan koperasi yang lebih intensif.

Selain itu Pemerintah Provinsi Lampung juga memfasilitasi Pembiayaan UMKM dan Koperasi melalui KUR yang disalurkan lewat keikutsertaan dalam Program Kartu Petani Berjaya.

Pembinaan, pendampingan UMKM, Promosi produk UMKM serta memperluas jaringan usaha berbasis IT dan melakukan kerjasama/kemitraan dengan berbagai pihak/lembaga/asosiasi.

Sementara itu, Bupati Tanggamus Dewi Handajani pada kesempatan tersebut meyatakan terimakasih kepada Gubernur Lampung dan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung yang telah berkenan hadir pada kegiatan tersebut.

"Terimakasih kepada Gubernur dan Ketua Dekranasda Provinsi Lampung yang telah berkenan hadir, dan juga terimakasih kami ucapkan karena Pak Gub dan Ibu Ketua Dekranasda sudah dengan gencar melaksanakan kegiatan dalam rangka mempromosikan UMKM dan kerajinan Lampung, termasuk umkm Tanggamus, sehingga dapat lebih maju dan lebih dikenal," ucap Bupati.

"Semarak Tanggamus 2022 ini meskipun acaranya sangat sederhana, namun sangat besar niat dan semangat kami untuk memajukan UMKM Tanggamus, Alhamdulillah saat ini kami akan melakukan penandatanganan kerjasama antara UMKM Tanggamus dengan Mal Bumi kedaton dan Chandra Super Store," lanjut Dewi.

Adapun Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah, selaku Ketua Pelaksana melaporkan bahwa Semarak Tanggamus 2022 mengusung tema "Menuju UMKM Tanggamus Go Internasional", digelar selain untuk mempercepat pemulihan ekonomi, juga untuk meningkatkan hilirisasi produk UMKM dan pada akhirnya meningkatkan kesejaheraan masyarakat Tanggamus.

Semarak UMKM 2022 akan digelar di Mal Bumi Kedaton selama 3 hari, mulai dari tanggal 4 sampai 6 November 2022, dan diisi oleh berbagai kegiatan dan Bazar UMKM yang dibagi menjadi 7 Klaster, terdiri dari Produk Wastra, Kriya, Makanan atau Kuliner, Pariwisata, Tanaman Pangan dan Hortikultura, Perikanan, dan Barista.

Kegiatan juga disi dengan Penandatangan Mou antara Pemerintah Kabupaten Tanggamus dengan Mal Bumi Kedaton dan Chandra Super Stote, selain itu dilaksanakan juga peluncuran Aplikasi Pariwisata Tanggamus. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Post a Comment

Previous Post Next Post