Sekda Kabupaten Lampung Selatan Sambut Hangat Audiesi Basnaz Lampung Selatan

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin menerima audiensi Pengurus Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lampung di Ruang Kerja Setdakab Lampung Selatan, Rabu (26/10/2022).



Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten lampung Selatan Ashari serta beberapa jajaran perangkat daerah lainnya.

Ketua Baznas Kab. Lampung Selatan Mukhlisin melaporkan bahwa, saat ini pengurus Baznas Lampung Selatan mengalami pengurangan yang diawal dibentuk memiliki 11 orang anggota, kini hanya tersisa 6 personil. Hal ini disebabkan oleh adanya kendala dari Basnaz pusat yang mengganggap Basnas Lampung Selatan belum sah.

Selanjutnya, Mukhlisin juga meminta arahan kepada Sekretaris Daerah Lampung Selatan Thamrin selaku Dewan Pengawas Basnaz setempat yang berkaitan dengan program zakat,infak dan sodakoh yang disalurkan dari seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan kepada Pengurus Basnaz yang dikumpulkan melalui bendahara pada Perangkat Daerah masing-masing.

“Dengan arahan dan bantuan yang diberikan kepada kami pengurus Basnaz Lampung Selatan diharapkan dapat mewujudkan harapan dari Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan serta masyarakat yang memang membutuhkan dengan adanya Basnaz ini,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Daerah Lampung Selatan, Thamrin mengatakan berkait dengan program zakat, infak dan sodakoh tersebut memang perlu disosialisasikan ke seluruh bendahara perangkat daerah setempat dengan tujuan mengetahui fungsi dan kegunaan dari program yang dijalankan ini.

“Jadi sosialisasi ini nantinya dapat memberikan edukasi kepada seluruh bendaraha perangkat daerah tentang fungsi dan kegunaan dari program ini. Karena memang program ini belum disosialisasikan,” ucapnya.

Dirinya juga menjelaskan, berkaitan dengan penyaluran uang zakat,infak dan sodakoh tersebut yang saat ini masih menggunakan metode manual yang dimana bendahara langsung meminta ke pegawai, namun bisa disiasati dengan pihak Basnaz Lampung Selatan berkerjasama dengan pihak bank Lampung.

“Terkait penyaluran memang saat ini gaji diberikan dengan metode payroll, tetapi Basnaz juga bisa mensiasati dengan sistem yang sama yakni dengan penyaluran secara langsung dan masuk ke rekening Basnaz Lampung Selatan,” jelasnya.

Oleh karena itu, Thamrin meminta untuk Pengurus Basnaz Lampung Selatan untuk melakukan sosialisasi program yang akan dijalankan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah, Camat serta Bendahara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Selatan hingga nanti mereka dapat memahami penyaluran ini memang program yang ada di tubuh Basnaz Lampung Selatan.

” Setelah itu tidak hanya disosialisasikan pada kesempatan itu saja, namun semua program Basnaz Lampung Selatan harus di publikasikan melalui media sosial agar masyarakat luar tahu, apasaja program yang ada di Basnaz Lampung Selatan,” pungkasnya. (lmhr)

Post a Comment

Previous Post Next Post