Pemkab Lampung Selatan Teken Kerjasama BPJS Ketenagakerjaan, Jamin Kesehatan Guru Honorer

KALIANDA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Pendidikan, menandatangani perjanjian kerjasama (PKS) dengan Badan Penyelenggaraan Jaminan Kesehatan Sosial (BPJS) Ketenangakerjaan, Kamis (13/10/2022). Penandatanganan berpusat di Ruang Kerja Setda Lampung Selatan.



Penandatanganan tersebut, langsung ditandatangani Plt. Kepala Dinas Pendidikan Lampung Selatan Asep Jamhur, bersama Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandar Lampung, Sulistijo Nisita Wirjawan. Penandatanganan kerjasama itu, terkait dengan kesepakatan program jaminan kecelakaan dan jaminan kematian bagi guru honorer penerima insentif di Lampung Selatan.

Sekda Lampung Selatan, Thamrin mengatakan, ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Lampung Selatan pada dunia pendidikan. Tentunya dalam memberikan jaminan kesehatan dan kematian kepada tenaga pendidik, sebagai bentuk apresiasi dalam memajukan kualitas pendidikan di Lampung Selatan.

"Ini bentuk apresiasi ke para guru honorer di Lampung Selatan, karena kami utamakan kesejahteraannya. Kami harap nantinya kerjasama ini, bisa bermanfaat," kata Thamrin.

Sementara itu, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bandar Lampung, Sulistijo Nisita Wirjawan menjelaskan, tujuan kerjasama untuk terwujudnya penyelenggaraan kepesertaan program jaminan kecelakaan kerja. Kemudian jaminan kematian bagi guru honorer penerima insentif, bersumber dari APBD Lampung Selatan, dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan.

“Jaminan kecelakaan kerja, merupakan jaminan yang memberikan kompensasi dan rehabilitasi bagi tenaga kerja yang mengalami kecelakaan, pada saat mulai berangkat dan pulang kerja. Jaminan kematian, diperlukan bagi ahli waris tenaga kerja peserta BPJS Ketenagakerjaan yang meninggal dunia, bukan karena kecelakaan kerja,” jelas Sulistijo.

Totql ada 4.466 guru honorer, yang nantinya akan menerima BPJS Ketenagakerjaan. Hal itu masuk ke dalam kesepakatan program jaminan kecelakaan dan jaminan kematian, bagi guru honorer penerima insentif di Lampung Selatan. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post