Mitra10 Kini Memiliki Dua Superstore di Lampung


PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (BEI: “CSAP”) meresmikan superstore Mitra10 ke-45 di Antasari, Lampung, Kamis (27/10/2022).

Dengan demikian Perseroan telah merampungkan target pembukaan 4 toko baru sepanjang 2022. Sebelumnya telah dibuka di Kota Pekanbaru, Cibinong, dan Pondok Bambu.

Peresmian superstore Mitra10 ditandai oleh penguntingan pita oleh Walikota Bandar Lampung Hj. Eva Dwiana bersama-sama jajaran pengurus Perseroan yang dilakukan secara hybrid (daring dan offline). Dimana jajaran pengurus CSAP dan Mitra10 yang tidak berkesempatan hadir juga dapat mengikuti secara daring di Jakarta.

Saat ini Lampung kini memiliki dua superstore bahan bangunan Mitra10 yakni di Rajabasa dan Antasari.

Mitra10 merupakan jejaring Ritel Modern Bahan Bangunan & Home Improvement yang dikelola PT Catur Mitra Sejati Sentosa (CMSS) yang 99,9% sahamnya di miliki oleh CSAP selaku perusahaan induk.

Andy Totong, Direktur Utama Mitra10 mengatakan, pembukaan Mitra10 merupakan komitmen Perseroan untuk mendekatkan diri kepada pelanggan dan menjadi pilihan utama keluarga Indonesia dalam merenovasi rumah.

“Pemilihan kota Lampung tidak lepas dari potensi kota Lampung terutama sektor properti yang terus berkembang,” jelasnya.


Kehadiran Mitra10 selain akan memperkuat pasar di daerah Lampung dan sekitarnya, juga diharapkan membawakan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi kota Lampung, sehingga perekonomian dapat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Ditambahkan, Mitra10 dengan slogan “Murah, Lengkap, dan Nyaman”, merupakan pelopor ritel bahan bangunan modern yang menerapkan konsep belanja bahan bangunan dan perlengkapan rumah dalam satu atap.


Berkat strategi ekspansi yang agresif, Mitra10 kini merupakan jejaring ritel bahan bangunan terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Perjalanan panjang Mitra10 bermula dari toko Mitra10 pertama di Kalimalang yang didirikan pada tahun 1997. Kini, Mitra10 memiliki 45 toko yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Dengan target 100 toko Mitra10 di tahun 2030 akan semakin mengokohkan posisinya sebagai jejaring Ritel Moderen Bahan Bangunan & Home Improvement terbesar di Indonesia.

Mitra10 Antasari menempati lahan seluas total 10.000m2 dengan luas bangunan 12.000m2 yang terdiri dari area penjualan (selling area) 3.300m2 yang menawarkan 50.000 jenis barang (Stock Keeping Unit/ SKU), serta area gudang seluas 3.000m2 dengan area parkir yang luas dan aman.

Selain itu juga, ditambah dengan Atria yang berada dalam Kawasan Superstore Mitta10 dengan, konsep “Store in Store” akan memudahkan konsumen berbelanja, seluruh kebutuhan bahan bangunan dan interior rumah dalam satu atap dengan nyaman.

Gerai Mitra10 memperkerjakan karyawan internal sebanyak 81 orang yang sebagian berasal dari Lampung dan sekitarnya

Erick Koswara, GM Marketing & Komunikasi Mitra10 mengatakan, para pengunjung akan dimanjakan dengan desain dan layout penyusunan barang yang menarik, sehingga memudahkan untuk memilih aneka keperluan renovasi rumah dari keramik hingga atap.

Produk-produk bahan bangunan dan Home Improvement tersebut merupakan 80% buatan lokal dalam negeri tersebut yang terbagi dalam 13 kategori yang terdiri dari Cat dan variannya, lantai dan dinding, kamar mandi, dapur, pintu dan jendela, pipa/plumbing, material bangunan, listrik, perkakas rumah (Hardware), perkakas, hobi, perabot rumah tangga (houseware) hingga perlengkapan rumah tangga (Home Appliances).

Selain menjual brand-brand kenamaan dari principal, Perseroan juga memiliki beberapa House Brand yakni Zehn, Tidy, Sincere, Ceramax, Durafloor, dan Fiorano.

Bahkan khusus di Mitra10, ada kejutan dan inovasi berbelanja, dimana pelanggan Mitra10 bisa berbelanja aneka kebutuhan bahan bangunan, furnitur hingga beragam kebutuhan sehari-hari cukup melalui platform digital seperti Instagram maupun Whatapps dan di marketplace. Aneka kebutuhan sehari hari ini bekerjasama dengan salah-satu supermarket terkemuka di Indonesia.



Medya Ika Ayu, Promotion & Advertising Manager Mitra10 menambahkan, para pelanggan juga bisa menikmati berbagai promo menarik saat Grand Opening, seperti promo tebus murah, berbagai hadiah langsung menarik mulai dari logam mulia, sepeda motor hingga umroh atau ibadah suci, promo registrasi keanggotaan Mitra10, diskon khusus kartu kredit bank tertentu hingga

Crazy Price yang merupakan promo diskon produk khusus Grand Opening. Selain itu selama Grand Opening turut menghadirkan festival kuliner yang menggandeng UMKM lokal untuk menambah pengalaman berbelanja para pelanggan Mitra10 Antasari, Lampung.

Para pelanggan Mitra10 pun dapat menikmati layanan terbaru, yakni jasa pemasangan/ instalasi pompa air, water heater, cat, wastafel, shower, shower column hingga shower screen. Bahkan untuk pembelian item dengan nilai tertentu bisa menikmati jasa instalasi gratis.



Inovasi belanja kebutuhan sehari-hari dan jasa instalasi merupakan bentuk kepedulian Mitra10 kepada para pelanggan untuk memudahkan dalam memenuhi kebutuhan produk berkualitas dengan mudah.

Untuk kemudahan berbelanja, produk Mitra10 saat ini juga dapat diperoleh secara online melalui www.mitra10.com dan platform Digiretail dengan Whatsapp Business di nomor +62 87800021010. Hal tersebut dimungkinkan karena layanan digital Mitra10 berkonsep Omnichannel atau terdiri dari beberapa platform yang saling terintegrasi.

Segmen ritel modern CSAP selain Mitra10 adalah Atria, yang menawarkan retail Furniture dan Mattress dengan design produk, konsep saving space, kualitas finishing terbaik, bahan yang berkualitas dan harga terjangkau. Atria dikelola oleh PT Catur Sentosa Berhasil (“CSB”) yang 99% sahamnya di miliki CSAP selaku pemegang saham pengendali.

Atria dikembangkan dengan konsep “Shop in Shop” dimana gerai-gerai Atria berada dalam kawasan Superstore Mitra10. Konsep ini akan memudahkan konsumen dalam berbelanja, dimana seluruh kebutuhan rumah, terutama furniture dan aksesoris rumah bisa di dapatkan di Atria, sedangkan bahan bangunan dan Home Improvement bisa di dapat di Mitra10 yang berada dalam satu kawasan.

Showroom Atria seluas 1.500 m2 disusun dengan konsep interior modern dan didukung dengan pelayanan pelanggan terbaik, membuat Atria tempat yang paling nyaman untuk berbelanja berbagai macam kebutuhan furniture.

Pengunjung dapat memilih beragam produk furniture seperti, Aksesoris, Bedroom Set, Bed Gelar, Commercial, Dining, Kids, Living, Mattress, Office, Storage, Wardrobe, hingga pernak-pernik cantik kekinian untuk menghiasi hunian idaman.

Bagi para pelanggan yang tidak sempat berbelanja secara langsung, Atria juga memiliki platform penjualan online melalui www.atria.co.id dan marketplace dengan Chat Aja Belanja via Whatsapp di nomor +62 817421174.

Di tahun 2022, 19 Showroom Atria Furniture telah hadir di kota Jabodetabek, Tegal, Surabaya, Malang, Bali, Makassar, Palembang, Pekanbaru dan Lampung.

Ekspansi Ritel Pacu Pertumbuhan

Hingga Juni 2022, CSAP berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp7,42 triliun. Angka tersebut setara dengan pertumbuhan 10,2% jika dibandingkan dengan pencapaian periode yang sama tahun lalu yaitu sebesar Rp6,73 triliun.

Pertumbuhan pendapatan tersebut ditopang oleh segmen-segmen bisnis yang dimiliki CSA grup. Segmen Distribusi mencatatkan pendapatannya sebesar Rp4,67 triliun, dan disusul oleh segmen Ritel Moderen dengan pendapatannya sebesar Rp2,75 triliun. Secara berurutan masing-masing segmen berkontribusi sebesar 63% dan 37% terhadap pendapatan konsolidasi Perseroan sepanjang Semester 1-2022 ini.

CSAP membukukan Laba Kotor sebesar Rp1,23 triliun, tumbuh 11% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp1,1 triliun. Jika dihitung secara EBITDA (Earnings before Interest, Tax, Depreciation, and Amortization), pada akhir Juni 2022 CSAP memiliki EBITDA sebesar Rp432 miliar tumbuh 32% dibandingkan periode yang sama tahun 2021 sebesar Rp330 miliar.

Pada bottom line, CSAP berhasil membukukan laba bersih komprehensif yang dapat diatribusikan ke entitas induk sebesar Rp113 miliar. Angka tersebut tumbuh signifikan 42% dibandingkan pencapaian tahun lalu sebesar Rp79 miliar.

Idrus Widjajakusuma, Corporte Secretary CSAP menyampaikan, pertumbuhan kinerja bottom line tersebut tidak lepas dari strategi yang dilakukan Perseroan. Strategi tersebut adalah strategi ekspansi secara agresif untuk segmen ritel modern, perkuatan jaringan segmen distribusi serta penambahan produk/principal baru.

“Strategi tersebut berdampak positif meningkatkan pendapatan serta meningkatkan Net Margin Perseroan guna pertumbuhan laba yang lebih baik,” jelasnya.

Ditambahkan, Perseroan optimistis prospek dan kinerja hingga akhir tahun 2022 masih dalam trend positif. Dengan dukungan segenap stakeholder terutama pemegang saham, Perseroan akan terus meningkatkan kinerja dan nilai tambah.

Post a Comment

Previous Post Next Post