Darussalam: Pelebaran Jalinbar Gampang Asal Tahu Rahasianya

Lampung -- Mantan Staf Ahli Pertanahan Polda Lampung H. Darussalam, SH melihat gampang pelebaran Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Lampung. Asalkan tahu caranya. "Ada rahasianya," tandas pengusaha properti dan advokat itu.



"Kita sering kebanyakan wacana, diskusi sana-sini, setelah itu zonk, tak pernah ada aksi, NATO bae," kata praktisi pertanahan yang telah puluhan tahun berkecimpung dalam dunia pertanahan di Lampung hingga provinsi lain ini.

Jika memang sungguh-sungguh ingin melebarkan Jalinbar, para bupati yang dilalui masing-masing jangan cuma berwacana saja. Yang penting, data kepemilikan lahannya secara rinci, aksi, jangan cuma wacana saja, tapi aksinya tak ada," tandasnya.

"Serahkan ke pihak ketiga untuk pendataan dan sosialisasinya, beres itu barang," ujarnya kepada Poskota Lampung, Kamis malam (6/10/2022).


Pengalamannya, masing-masing lokasi berbeda-beda cara penanganannya. Namun, langkah awalnya identifikasi kepemilihan lahan. Ada dua pemilik besar tanah di Jalinbar, yakni rakyat dan pengusaha, katanya.

"Komposisinya, 30 persen pengusaha dan sisanya rakyat dll," ujarnya kepada Poskota Lampung, Kamis malam (6/10/2022). Para pengusaha, pengalamannya lebih terbuka soal pengembangan suatu kawasan.

Sedangkan rakyat dibagi setidaknya dua kategori, yakni berorientasi ekonomi dan sosial. "Mereka juga menginginkan jalan lancar dan berpengaruh terhadap usahanya," katanya.

"Tak tertutup kemungkinan, ada yang bersedia menghibahkan lahannya demi kebaikan bersama," katanya.

Yang penting, disimpulkannya, pendataan detai lahan-lahan yang akan terkena pelebaran jalan agar diketahui permasalahan dan yang tidak ada masalah. Dari data lapangan itu, komunikasikan satu per satu kepada pemiliknya.

Darussalam mengatakan hal ini setelah menyimak diskusi PWI Lampung, Kamis (6/10/2022), soal wacana pelebaran Jalinbar. Semua mengajukan gagasan tapi tak jelas setelah itu akan ke arah mana penyelesaiannya. [HBM

Post a Comment

Previous Post Next Post
Undercover Channel