Brimob Amankan Ledakan Mobil Dan Jinakkan Bom Di Dinas PU Bandarlampung

 

Bandarlampung .---Warga sekitar Kantor Pekerjaan Umum (PU) Kota Bandarlampung menjadi panik, pasalnya satu unit mobil yang terparkir di halaman kantor tersebut meledak. Jum’at (14/10/22).



Ledakan yang mengagetkan warga tersebut terpantau dari Kamera CCTV Dinas PU Kota Bandarlampung dimana detik-detik sebelum dan sesudah terjadi ledakan.

Beberapa saat setelah ledakan terjadi asap hitam membubung tinggi menyelimuti seputaran Kantor PU Kota Hingga Kampus UIN Raden Intan Lampung.

Tampak kobaran api akibat ledakan di sekitar lokasi. Terpantau kepanikan warga sekitar lokasi ledakan. Tak lama tiba Mobil pemadam kebakaran dengan segera memadamkan Kobaran Api yang menyala di sebuah mobil yang meledak diikuti aparat Kepolisian yang langsung mengamankan tempat kejadian.

Suara sirine memecah kemacetan sekitar lokasi kejadian, Gerak Cepat Unit Jibom Sat Brimob Polda Lampung tangani Ledakan Di kantor PU kota Bandar lampung.

Tim Jibom Sat Brimob Polda lampung dengan segera melaksanakan olah TKP Pasca Ledakan dan ternyata di temukan kembali suatu barang yang di duga Bom di lokasi Kejadian tepatnya di dekat pintu masuk Gedung Kantor PU Kota Bandar Lampung.

Hasil Dari X-Ray ternyata benar barang tersebut terdapat rangkain elektronik yang di duga Rangkaian Bom. X-ray adalah salah Satu kelengkapan Tim Jibom yang bertujuan untuk membantu operator Jibom mengetahui isi dalam rangkaian yang diduga bom, agar cepat ditindaklanjuti oleh tim Jibom.

Segera Robot EOD mengamankan Barang yang di duga rangkaian Bom untuk di lakukan diskrapter Hal ini dilakukan untuk mencerai beraikan atau membongkar isi Tas dengan aman.

Selanjutnya Tim Inafis Polresta Bandarlampung melakukan Olah TKP guna mengumpulkan barang bukti yang sekiranya ditinggalkan oleh pelaku peledakan guna Penyelidikan Lebih Lanjut.

Kejadian tersebut merupakan Rangkaian Simulasi yang dilaksanakan Satuan Brimob Polda Lampung, dimana hal tersebut merupakan Rangkaian Latihan Peningkatan Kemampuan Personil Sat Brimob Khususnya Kemampuan Jibom. Di mana dalam pelaksanaannya melibatkan Instansi Terkait di antaranya Polresta Bandar Lampung, Dankar, Dishub dan Pemkot Bandar Lampung.

Komandan Satbrimob Polda Lampung Kombes Pol Wahyu Widiarso Suprapto,S.IK.,M.SI. mengatakan, latihan penanganan Bom yang dilaksanakan di Kantor PU Kota Bandar Lampung ini untuk meningkatkan kemampuan personel dan antisipasi pergerakan terorisme di wilayah Lampung, sekaligus menerapkan SOP yang harus dilakukan ketika aparat ataupun masyarakat menemukan benda atau barang yang diduga bom. serta Kesiapan Sat Brimob Polda Lampung dan Instansi Instansi Terkait.

“Tujuan Simulasi, selain untuk share informasi dengan instansi pemerintahan daerah, juga bertujuan untuk latihan bersama Personil dalam penjinakan bom agar satu persepsi ketika menghadapi situasi yang nyata,” terang Kombes Pol Wahyu.

Untuk Diketahui dalam Waktu dekat juga Personil Sat Brimob Polda Lampung juga Akan dilibatkan Pengamanan KTT G20 yang dilaksanakan di Bali. semua personil Sat Brimob harus siap menghadapi Situasi Kontijensi yang akan terjadi.

Hadir dalam Simulasi Jibom tersebut, Walikota Bandar Lampung Hj.Eva Dwiana, Kepala Dinas PU Kota Bandar Lampung, Kapolsek Sukarame dan Danramil Panjang.(red)

Post a Comment

Previous Post Next Post