Hadapi Pemilu 2024, Golkar Lampung Reshuffle Pengurus

Bandarlampung – Menghadapi tiga agenda politik besar, Pemilu Legislatif, Pilpres dan Pilkada serentak 2024, DPD Partai Golkar Provinsi Lampung berbenah. Pembenahan dimulai dari struktur partai dengan mereshuffle atau mengganti pengurus yang tidak aktif serta merubah komposisi kepengurusan.



Sejumlah pengurus inti diganti baru dan pergeseran posisi. Bahkan, fenomena politik yang menarik masuknya sejumlah publik figur (politisi muda) untuk memperkuat gerbong Partai Golkar Lampung yang diketuai oleh Ir. Arinal Djunaidi juga Gubernur Lampung ini.

Pergantian pengurus baru Golkar Lampung disampaikan Sekertaris DPD Golkar Lampung H. Ismet Roni, SH, MH, didampingi Bendahara Erwin Eka Kurniawan, mewakili Ketua Golkar Lampung Arinal Djunaidi, dalam rapat tertutup di aula kantor DPD Partai Golkar Lampung, Sabtu 27 Agustus 2022.

Usai rapat pleno, Ismet Roni saat dimintai keterangan mengatakan, perubahan komposisi pengurus Partai Golkar Lampung, dilakukan dalam rangka meningkatkan kinerja, fungsi, dan peran pengurus DPD Partai Golkar, agar visi dan program Golkar bisa berjalan dengan baik.

Ismet Roni yang juga Ketua Komisi IV DPRD Lampung itu menyebut, rapat terbatas yang digelar hanya membahas agenda tunggal yakni, penyampaian perubahan pengurus Golkar Lampung setelah disahkan oleh DPP Partai Golkar.

Alasan Partai Golkar Lampung melakukan reshuffle, karena Partai Golkar dalam waktu yang tidak lama lagi akan menghadapi tiga agenda besarnya; pemilihan legislatif (Pileg), Pemilihan Presiden dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024. “Kami perlu kerja cepat dan tepat, supaya lincah dan tidak gemuk maka personilnya dilakukan perubahan seperlunya,” ujar Ismet.

Perubahan pengurus Golkar Lampung, kata Ismet, sesuatu hal biasa dalam organisasi. Bukan karena ada dinamika, tetapi sebuah langkah perbaikan mengingat sebagian pengurus sudah tidak bisa aktif. Bahkan, ada yang merangkap jabatan di kepengurusan Golkar kabupaten. Sesuai amanah Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto dan Ketua DPD Golkar Lampung Arinal Djunaidi, target menang Pileg, Pilkada dan Pilpres harus bisa dicapai.

“DPD Golkar Provinsi Lampung telah melakukan evaluasi terhadap kinerja pengurus yang tidak bisa aktif, bahkan ada yang merangkap jabatan pada pengurus kabupaten. Dan ini, kami berbenah diri untuk menggantinya,” kata Ismet Roni.

Perubahan struktur pengurus DPD Golkar Provinsi Lampung periode 2020 – 2025 itu, tertuang dalam SK Nomor Skep-468/DPP/GOLKAR/VII/2022. Surat tertanggal 22 Juli 2022 itu, ditanda tangani di Jakarta, oleh Ketua Umum DPP Partau Golkar, Airlangga Hartarto, dan Sekjen Golkar Lodewijk F. Paulus.

Pergeseran Posisi
Dalam perombakan pengurus baru DPD Partai Golkar Lampung sejumlah dilakukan pergeseran posisi dan penempatan pengurus baru.

Jabatan Wakil Ketua Bidang Organisasi, dari Abi Hasan Muan, digantikan I Made Bagiasa, sementara Tony Eka Chandra kembali masuk di pengurus Golkar Lampung sebagai Wakil Ketua Bidang Kemasyaratan. Ketua Pemenangan Pemilu dijabat Supriyadi Hamzah yang kini menjabat Ketua Fraksi Golkar DPRD Provinsi Lampung.

Azwar Yacub, pindah posisi menjadi Wakil Ketua Bidang Kaderisasi. Lalu Anggota Fraksi Golkar Ali Imron, dari wakil Sekretaris naik menjadi Wakil Ketua Bidang Media, dan Penggalangan Opini. Riza Mirhadi, Wakil Ketua Bidang Hukum dan HAM. Sedangkan H. Rio Teguh juga naik posisi menjadi Wakil Ketua Bidang Hubungan Eksekutif Legislatif.

Beberapa nama beken muncul didalam struktur baru tersebut. Diantaranya, ada Supriyadi Alfian, mantan ketua PWI Lampung. Di kepengurus Golkar Lampung yang baru, bos Harian Momentum ini menempati posisi wakil sekertaris.

Reza Pahlevi, seorang pengusaha tambang mantan Ketua Golkar Lampung Selatan, menjadi pengurus baru dengan diposisi wakil ketua. Juga ada nama Wiliam Adi Jaya, dan vokalis hijau daun Dedi Irawan (dude). Mantan ketua Golkar Tulangbawang, Herwan Saleh masuk kepengurusan DPD I Golkar.

Para mantan birokat yang bergabung Golkar; Marsidi Hasan (mantan Bupati Waykanan), Saply (mantan Bupati Mesuji), Handitya Narapati (mantan wakil Bupati Pringsewu), Cahandra Lela (mantan wakil bupati Mesuji), dan banyak lagi para profesional muda yang kini bergabung.

Sementara, politis Heri Wardoyo (mantan Wabup Tulangbawang), dan Kherlani (mantan Sekwan, Plt bupati pesisir Barat), kini sudah tidak masuk lagi di kepengurusan Partai Golkar Lampung yang baru. (W9-jam)

Berikut Komposisi Pengurus DPD Partai Golkar Lampung Hasil Reshuffle:

1. Ir. Arinal Djunaidi : Ketua
2. Drs. I Made Bagiasa : Wakil Ketua Bid. Organisasi
3. Drs. H. Azwar Yacub : Wakil Ketua Bid. Kaderisasi dan Keanggotaan
4. H. Tonny Eka Candra : Wakil Ketua Bid. Hubungan Organisasi Kemasyarakatan
5. H. Supriyadi Hamzah : Wakil Ketua Bid. Pemenangan Pemilu
6. H. Riza Mirhadi, SH : Wakil Ketua Bid. Hukum dan HAM
7. Dr. H. Fauzi, SE, MKom, Akt : Wakil Ketua Bid. Pariwisata dan Ekraf
8. Drs. H. M Asri : Wakil Ketua Bid Kerohanian
9. Dr. H. Andi Surya : Wakil Ketua Bid Pendidikan dan Kebudayaan
10. Ir. Hj. Yusronida Suralaga : Wakil Ketua Bid Kesehatan
11. H. Aprozi Alam, SE: Wakil Ketua Bid Kepemudaan dan Olahraga
12. Hj. Ririn Kuswantari, S.Sos, MH: Wakil Ketua Bid. Perempuan
13. Ismet Jaya Negara : Wakil Ketua Bid Petani dan Nelayan
14. Indra Ismail : Wakil Ketua Bid Hub Lembaga Politik
15. Ali Imron : Wakil Ketua Bid Media dan Penggalangan Opini
16. H. Rycko Menoza : Wakil Ketua Bid Pedesaan dan Daerah Tertinggal
17. H. Juanto Muhazirin : Wakil Ketua Bid Tenaga Kerja
18. Abi Hasan Muan : Wakil Ketua Bid Keseniab dan Kebudayaan
19. H. Tomy Rianta Putra : Wakil Ketua Bid Perdagangan
20. M. Reza Pahlevi : Wakil Ketua Bid Koperasi dan UKM
21. Marsidi Hasan : Wakil Ketua Bid Lingkungan Hidup
22. Darlian Pone : Wakil Ketua Bid Pengembangan SDM
23. Ansyori Bangsaradin : Wakil Ketua Bid Kesejahteraan Rakyat
24. Helida Heliyanti : Wakil Ketua Bid Bencana Alam
25. H. Saply : Wakil Ketua Bid Maritim
26. H. Rio Teguh : Wakil Ketua Bid Eksekutif Legislatif

Sekretaris : H. Ismet Roni, SH, MH
Wakil Sekretaris :
1. Bambang Purwanto
2. Yusro Hendra Perbasa
3. Muhidin
4. I Gede Jelantik
5. Subadra Yani
6. Topan Aquardi
7. Herwan Saleh
8. Hj. Rogayah E Harun
9. Dedi Irawan
10. Yopi Setiawan
11. Reza Pahlevi
12. Karina Rayyandini
13. Benson Wertha
14. Hj. Adriana Yustitia
15. Untung Suyono
16. Hj. Haryati Candralela
17. Supriyadi Alfian
18. Desari
19. Rama Apriditya
20. Musyarofah
21. Wiliyam Adi Jaya
22. Arifin Indrajaya
23. Ujang Peridy
24. Dani Efendi
25. Hadirnya Narapati
26. Tias Nuziar
27. M. Romy Rusdi
28. Deden Ismail Zainal
29. Ronal Ramdan

Bendahara : Erwin Eka Kurniawan, SE, MSi
Wakil Bendahara :
1. Hj. Nuraini Effendy
2. Lililyana Ali
3. Ir. Fatmawati
4. Dedi Rindas, SE
5. Ir. Indrawan
6. M. Aris Pratama Hanan. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post