Pakaian Bernuansa Lampung Sang Jenderal Menjadi Trend Setter

Pakaian merupakan kebutuhan pokok manusia selain makanan dan tempat berteduh/tempat tinggal. Manusia membutuhkan pakaian untuk melindungi dan menutup dirinya. Namun seiring dengan perkembangan kehidupan manusia, pakaian juga digunakan sebagai simbol status, jabatan, ataupun kedudukan seseorang yang memakainya. Perkembangan dan jenis-jenis pakaian tergantung pada adat-istiadat, kebiasaan, dan budaya yang memiliki ciri khas masing-masing.

Salah satu contoh pakaian yang sering digunakan oleh Tokoh Adat dan seorang Purnawirawan Polri bintang dua, Irjen Pol. (Purn.) Drs. Dr. H. Ike Edwin, SH., MH., MM., yang juga mantan Kapolda Lampung pada 2016 lalu, beliau memiliki jiwa akan adat dan budaya yang tinggi, melestarikan budaya Lampung menjadi kewajibannya sebagai seorang Bangsawan Kerajaan Lampung.

Pakaian yang dikenakannya selalu bernuansa motif kejayaan Lampung, yang artinya beliau sangat menghargai daerah tempat dimana ia dilahirkan, tempat dimana ia juga harus mengabdi seperti yang pernah dijabatnya sebagai Kapolda Lampung pada tahun 2016 lalu, dengan penuh dedikasi ia sukses menurunkan tingkat kriminalitas di Wilayah Hukum Polda Lampung.

Menurut Dang Ike (Sapaan Akrabnya), pakaian-pakaian tersebut ia kenakan tidak hanya di wilayah Lampung saja, namun saat acara undangan di luar Lampung pun ia kenakan pakaian bermotif khas Lampung tersebut agar masyarakat daerah lain juga dapat mengenal kejayaan Lampung.

Beliau juga menjelaskan tentang sejak kapan ia menyukai pakaian bernuansa Lampung, dan dikatakannya sejak remaja, menjadi anggota Polri dan hingga saat ini setelah purnabhakti.

Dan kini di era milenium, pakaian nuansa Lampung menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat Lampung, terutama pada pakaian kedinasan di pemerintahan, perkantoran, perkumpulan, undangan atau yang digunakan pada hari-hari tertentu.

Hal tersebut bagi sebagian masyarakat Lampung yang mengenal sosok Dang Ike, selain ramah, santun, rendah hati, sosialnya yang tinggi, dan suka menolong mengatakan, Dang Ike adalah sebuah Trend Setter bagi budaya Lampung.

Post a Comment

Previous Post Next Post