Gunakan Alat Berat Bebas Beroperasi diPenambangan Emas Ilegal, Ada Backing Pejabat dan Orang Partai?

Bandar Lampung - Aktivitas penambangan emas ilegal di Kampung Ojolali dan Bukit Jambi, di Kabupaten Way Kanan bebas beroperasi. Bahkan penambang menggunakan alat berat, diduga dikoordinir oknum pejabat dan tokoh Partai Politik di Way Kanan. Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Lampung minta POlda Lampung segera bertindak, sebelum kerusakan lingkungan semakin menjadi.


“Aktivitas penambangan emas secara ilegal di kampung Ojolali dan Tebing Jambi dikordinir oknum oknum tokoh gerot masyarakat di Way Kanan. Kini kegiatan penambangan sudah menggunakan alat berat untuk mengeruk tanah,” kata salah satu tokoh masyarakat yang minta tidak mau disebut namanya, Senin 18 Juli 2022.

Dia menyayangkan atas aktivitas penambangan emas ilegal yang terkesan kucing-kucingan dengan masyarakat. Ketika adanya protes warga maupun penertiban penegak hukum di Waykanan, mereka seolah olah tidak ada. Setelah itu beraktifitas kembali. Apalagi saat ini aktivitas penambangan menggunakan alat berat untuk mengeruk tanah, ini pastik akan merusak lingkungan warga.


“Kondisi di dua lokasi penambang tersebut saat ini sudah mengkhawatirkan. Banyak lubang-lubang besar menga-nga dilahan tampat tambang. Dan itu dekat dengan pemukiman masyarakat. Dan ironisnya aparat hukum di Way Kanan terkesan pura-pura tidak mengetahui adanya aktivitas penambangan ilegal itu. Kami masyarakat minta Polda Lampung segera bertindak untuk mengungkap pelaku maupun oknum-oknum yang mengkoordinir penambangan emas ilegal tersebut,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Walhi Provinsi Lampug Irfan Tri Musri mengatakan sangat menyayangkan kurang kepedulian pemerintah kabupaten Way Kanan maupun aparat penegak hukum (APH) terhadap aktivitas tambang ilegal yang diduga dibekingi oknum oknum yang mencari keuntung dari merusak ekosistem lingkungan hidup.


“Perlunya evaluasi proses penertiban terhadap aktivitas penambangan ilegal, semestinya Bupati maupun APH dapat menertibkan dan memberikan tindakan tegas terhadap pelaku dan oknum yang membekingi penambangan ilegal di Way Kanan,” kata Irfan Rabu 13 Juli 2022.

Post a Comment

Previous Post Next Post