Dukung Pembangunan Sektor Pertanian, Perikanan, Peternakan dan Kehutanan, Komisi IV DPR RI Lakukan Kunjungan Kerja Di Provinsi Lampung

Bandar Lampung --- Gubernur Arinal Djunaidi menerima Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI ke Provinsi Lampung dalam rangka Reses Masa Sidang V tahun 2021-2022, di Mahan Agung, Rabu (13/7).


Hadir dalam kunjungan kerja ke Provinsi Lampung Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, Anggota Komisi IV DPR RI diantaranya Firman Soebagyo, Hermanto, Luluk Nur Hamidah, Dwita Ria Gunadi, Hanan Rozak, Vita Ervina, Maria Lestari, Ema Umiyyatul Chusnah, dan Endang Setyawati Thohari.

Hadir juga Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Sekjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ketua DPRD Provinsi Lampung, Wakapolda Lampung, Dirut Pusri, Kepala BPTP Lampung, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur menyampaikan berbagai capaian pembangunan yang dilaksanakan di Provinsi Lampung, kinerja pembangunan Ekonomi daerah juga tetap baik meskipun di tahun 2021 pandemi Covid-19 masih terjadi. Hal ini ditandai dengan indikator pertumbuhan ekonomi Lampung yang terus semakin membaik sepanjang tahun 2021.

Sementara itu Komisi IV DPR RI saat bertemu Gubernur Lampung bersama jajaran menyampaikan dukungannya pada pembangunan berbagai sektor yang dilaksanakan di Provinsi Lampung.

Terkait Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Sudin meminta kepada pemerintah daerah untuk membantu memberikan data yang valid dan akurat terkait jumlah ternak yang terinfeksi PMK agar tidak menjadi momok bagi masyarakat.

Dalam pertemuan tersebut, Sudin juga meminta Kementan melalui Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan untuk mendukung Lampung dalam penanganan PMK, yaitu berupa bantuan vaksin, obat-obatan, dan vitamin.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin juga meminta komitmen Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan TB Haeru Rahayu untuk membantu Provinsi Lampung terkait pengembangan Balai Benih Air Tawar di Mesuji.

Anggota Komisi IV DPR RI Firman Soebagyo, memberikan apresiasi kepada Gubernur Lampung yang telah menyampaikan secara rinci terkait berbagai capaian dan masalah pembangunan sektor pertanian, peternakan, perikanan, dan kehutanan di Provinsi Lampung.

Firman juga menyebutkan bahwa Provinsi Lampung saat ini merupakan penyokong atau penyangga pangan nasional. Untuk itu, Firman mengatakan bahwa kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ini untuk membangun komitmen, menyerap berbagai aspirasi dan memberikan dukungan agar Lampung menjadi salah satu Provinsi Penyangga Pangan Nasional.

"Konsumen pangan terbesar, baik itu beras daging dan sebagainya adalah Pulau Jawa. Penyangga pangan nasional didominasi oleh lima provinsi, yaitu NTB, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sulawesi Selatan. Akhir-akhir ini, Lampung sudah masuk dalam lima besar," kata Firman.

Sementara itu Anggota Komisi IV DPR RI Lulu Hamid mengapresiasi Gubernur Lampung terkait penurunan angka stunting tahun 2021 yang sangat mengesankan dan signifikan (berdasar data SSGI turun 26,26% dibanding tahun 2019, red-), sementara di daerah lain di periode yang sama justru terjadi kenaikan.

Di akhir acara, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian menyerahkan bantuan Vaksin PMK tahap II kepada Gubernur Lampung sebanyak 50.000 dosis. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung).

Post a Comment

Previous Post Next Post