Panorama Air Terjun Way Tayas Tawarkan Keasrian Tersembunyi Nan Cantik

KALIANDA, Diskominfo Lamsel – Lampung Selatan memiliki berbagai destinasi wisata yang menyuguhkan panorama alam yang indah, salah satunya yang dapat anda kunjungi adalah air terjun Way Tayas, yang berlokasi di Kaki Gunung Rajabasa, Dusun Pangkul, Desa Sukaraja, Kecamatan Kalianda.


Air terjun Way Tayas memiliki keindahan yang alami dengan ketinggian sekitar 69 meter, di bagian bawahnya terdapat kolam yang dapat digunakan untuk berenang dengan kedalaman tidak sampai 2 meter. Suasana perkebunan kopi dan kakao menjadi penambah nilai eksotik dalam perjalanan mencapai air terjun yang terletak dibawah kaki Gunung Rajabasa ini.

Air terjun Way Tayas ini masih sangat asri, alamnya juga masih sangat bagus. Bahkan, disana juga masih terdapat hewan-hewan seperti monyet dan siamang yang bergelantungan dari satu pohon ke pohon lainnya.

Dalam Bahasa Lampung nama air terjun Way Tayas berasal dari kata, Way (air) dan Tayas berasal dari kata Tayos yang berarti tak pernah mati, jadi dapat diartikan Way tayos adalah Air yang tak pernah mati. Pengelolaan air terjun ini pun masih dilakukan oleh desa setempat dan warga yang memiliki kebun di daerah tersebut.


Rute dan Jarak Tempuh
Untuk mencapai ke air terjun ini tidak sulit, tergolong mudah dan tidak begitu ekstrim, pengunjung harus menempuh jarak 17 kilometer dari pusat kota Kalianda. Rute untuk menuju ke air terjun Way Tayas melalui jalan menuju arah Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan.

Dari Kota Kalianda terus ke arah kawasan wisata Lampung Selatan yang melewati banyak wisata pantai, seperti pantai Guci Batu Kapal, pantai Canti, pantai Banding Resort, terus sebelum pantai Wartawan, kita akan menemukan plank Kawasan Wisata Gunung Rajabasa, atau tepatnya di sungai Way Tayas, atau penunjuk lainnya daerah persawahan di pinggir jalan pada Kecamatan Rajabasa.


Dari plank menuju air terjun Way Tayas tersebut masuk terus dengan menanjak jalan yang masih dionderlagh (berbatu). Setelah dijalan onderlagh tersebut terus menanjak hingga nanti bertemu jalan setapak yang bisa dilewati dengan berjalan kaki atau mengendarai sepeda motor, namun pengunjung juga harus ektra hati-hati karena jalannya yang cukup licin dan terjal. Pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan yang indah, tidak akan membuat rasa bosan atau capek.

Biaya
Untuk menikmati keindahan ai terjun Way Tayas, anda hanya perlu merogoh kocek Rp. 10.000. Sedangkan, untuk parkir motor Rp. 5.000 dan parkir mobil Rp. 10.000. Karena tracking menuju Air Terjun Way Tayas lumayan agak susah, lebih baik mobil di titipkan ke rumah warga setempat agar aman. Setelah membayar harga tiket masuk dan biaya parkir.

Tunggu apa lagi, yuk berwisata ke air terjun Way Tayas Rajabasa sekarang juga!


Selain berwisata ke air terjun Way Tayas yang tersembunyi nan cantik, masih banyak tempat-tempat wisata di Lampung Selatan yang menarik dan tak kalah seru. Oleh karena itu, simak terus update informasi pariwisata bersama kami setiap pekannya di hari Jum’at. (Kominfo)

Bersambung ………………….

Post a Comment

Previous Post Next Post