Jelang Subuh, Selatan Krui Diguncang Gempa Magnitudo 5,1, Terasa hingga Pringsewu, Tanggamus, dan Liwa

KRUI - Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, Pesisir Barat, Lampung, menjelang Subuh, Rabu (25/5/2022l pukul 04.18.18 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,1.



Episenter gempabumi terletak pada koordinat 5,76° LS ; 103,73° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 63 km arah Selatan Kota Krui, Pesisir Barat pada kedalaman 57 km. Siaran pers yang disampaikan Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno, menyebutkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa berjenis dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan sesar turun geser atau oblique normal fault," kata Bambang Setiyo.


Gempabumi ini dirasakan di Liwa dengan skala intensitas II - III MMI, Kemudian, di Pringsewu dan Tanggamus dengan skala intensitas II MMI . Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Terkait gempa susulan, hingga pukul 04.49 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Untuk itu, kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (***)

Post a Comment

Previous Post Next Post