GEMPABUMI TEKTONIK M2,5 DIRASAKAN DI PESAWARAN-LAMPUNG TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI.



Kejadian dan Parameter Gempabumi:

Hari Selasa, 03 Mei 2022 pukul 20:20:46 WIB, wilayah PESAWARAN-LAMPUNG dan sekitarnya diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=2,5. Episenter terletak pada koordinat 5.4 LS dan 105.22 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 km Tenggara PESAWARAN-LAMPUNG pada kedalaman 10 kilometer.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal Tarahan dekat Gunung Betung, Bandar Lampung.


Dampak Gempabumi:

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Teluk Betung dengan Skala Intensitas I - II MMI (Getaran tidak dirasakan kecuali dalam keadaan luarbiasa oleh beberapa orang - Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Gempabumi Susulan:

Hingga pukul 20:40 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan.


Rekomendasi:

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://balai2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.


Tangerang Selatan, 03 Mei 2022

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang

Post a Comment

Previous Post Next Post