Presiden Jokowi Beri Smbutan Di HPN 2022 Via Zoom

Kendari - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional (HPN) untuk seluruh insan pers di Indonesia, Rabu (09/02/2022).




Pers, menurut Jokowi, menjadi panduan dan pegangan bagi masyarakat untuk memperoleh sumber informasi terpercaya di tengah derasnya informasi dan berita.


"Derasnya informasi, berita dan informasi datang silih berganti, tak kenal ruang dan waktu. Di tengah belantara informasi ini, kita punya pegangan dan panduan yaitu pers nasional sebagai sumber informasi terpercaya," kataJokowi dalam sambutannya di puncak HPN 2022 yang di gelar di Pelataran Masjid Al Alam, Kendari, Sulawesi Tenggara Rabu pagi.


Presiden Jokowi menyampaikan sambutannya via zoom dari Istana Bogor. Jokowi batal hadir langsung ke Kendari lantaran kasus covid-19 terus meroket.


Ketua PWI Pusat, Atal S Depari dalam sambutannya sempat mencuri perhatian dengan pantun pembuka sebelum menyampaikan sambutan. Tidak hanya itu, Atal kembali memberi kejutan ketika mengucapkan terimakasih kepada Presiden Jokowi dengan bahasa Jawa.




"Matur sembah nuwun Bapak Jokowi. Di awal pandemi kami sempat meminta agar insan pers di vaksin lebih awal dan dikabulkan oleh Bapak Presiden. Alhamdulillah lebih dari 5000 wartawan se-Indonesia sudah di baksin," kata Atal.




HPN, lanjutnya, merupakan ajang silaturrahmi dan penyatuan semangat insan pers, agar pers akan tetap hidup dan mengidupi dirinya sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.




"Pada HPN 2022 ini, Konvensi Nasional Media Massa yang digelar oleh para tokoh, pekau dan industri pers dengan dua tema besar, yakni Membangun Kedaulatan Nasional di Tengah Gelombang Digitalisasi Global dan Membangun Model Media Massa yang Berkelanjutan," tuturnya.




Diketahui, rangkaian kegiatan peringatan HPN 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara diselenggarakan 6—9 Februari 2022. Gubernur Sultra Ali Mazi telah membuka pameran HPN sekaligus pameran UMKM di lokasi eks MTQ Kendari, Sabtu (07/02/2022) malam.




Pada Puncak HPN 2022, Gubernur Ali Mazi pun menyampaikan banyak terimakasih kepada Bapak Presiden dan kepada seluruh insan pers yang hadir di wilayah yang di pimpinnya.




"Keberadaan pers selama ini sangat strategis, sebagai salah satu pilar pembangunan dan pilar ke empat demokrasi. Sehingga menjadi kebutuhan pemerintah dan masyarakat setiap produk pers yang dilahirkan," kata Ali Mazi.




Di tempat yang sama, Ketua Dewan Pers Prof Dr KH Muhammad Nuh mengatakan, izinkan atas nama insan pers dirinya mengucapakan terimakasih setinggi-tingginya kepada Bapak Presiden atas dukungan, perhatian dan kepeduliannya yang sangat luar biasa.




"Kami paham betul, lantaran pandemi Bapak Presiden tidak dapat hadir secara langsung, tapi kami tetap bersyukur. Terimakadih juga kepada Gubernur dan masyarakat Sultra," kata dia.




Pers, tambahnya, adalah saudara kandung dari Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif, jadi kita ini adalah keluarga besar yaitu NKRI. Ibunya sama yaitu Ibu Pertiwi, artnya nasabnya sama, mesti nasibnya kadang berbeda.




"Bagi keluarga yang mulia, kami sangat yakin seyakin-yakinnya, tidak ada saudara yang rela jika saudaranya terlunta-lunta. Karenanya, kami yakin kebersamaan antara eksekutif, legislatif dan insan pers menjadi satu kesatuan untuk membangun bangsa dan negara ini," paparnya.




Oleh sebab itu, lanjut dia, dalsmvwaktu dekat Dewan Pers akan melakukan Memorandum Of Understanding (MOU) dengan Kapolri, TNI, BPH, BNPT dan lembaga lainnya.




"Insan pers harus melebur jadi satu sebagai bagian dari keluarga besar NKRI. Salah satu persoalan yang sedang dihadapi oleh dunia pers adalah gempuran digital. Kita tidak ingin terjadinya digital feodalism, agar ini tidak terjadi kita membutuhkan dukungan publisher rights," tandasnya. (*)

Post a Comment

Previous Post Next Post