Pekon Pagar Dalam Buka Jalan Usaha Tani, Warga Merasa Sangat Terbantu

UNDERCOVER - Jalan usaha tani atau jalan pertanian merupakan prasarana transportasi pada kawasan pertanian (tanaman pangan, hortikultura, perkebunan rakyat, dan peternakan) untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, dan mengangkut hasil produk pertanian dari lahan menuju tempat penyimpanan, tempat pengolahan, atau pasar.




Sektor pertanian memilki peran yang penting dalam meningkatkan perekonomian yang ada di Indonesia. Pertanian sangat berperan dalam pembangunan suatu daerah, dengan adanya pertanian mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi penduduk, juga sebagai sumber pendapatan dan sebagai sarana untuk berusaha.

Mengingat pentingnya sarana jalan bagi kelancaran sektor pertanian dan perkebunan bagi kelangsungan Petani, Pemerintahan Pekon Pagar Dalam Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat, memprioritaskan pembukaan jalan usaha tani yang bersumber dari Anggaran Dana Desa (ADD) pada tahun 2021 ini, yang nantinya diharapkan bisa menumbuhkan perekonomian bagi Petani maupun masyarakat disekitar desa.

Peratin Pekon Pagar Dalam, Amri Jaya mengatakan, dari banyaknya usulan yang diajukan masyarakat, pembukaan badan jalan menjadi prioritas pembangunan, mengingat dengan dibukanya badan jalan ini mampu mempermudah akses masyarakat untuk mengeluarkan hasil bumi, seperti hasil panen padi dan damar.

" Sebelum badan jalan ini di buka, warga kita butuh waktu yang cukup lama untuk mengangkut hasil panen padi, sebab warga harus memanggul padi dengan menempuh jarak yang sangat jauh, namun setelah dibuka, selain memangkas waktu, biaya upah angkut juga menjadi lebih murah, jika sebelumnya satu karung gabah ongkosnya dihargai Rp15.000,- setelah adanya badan jalan harga hanya menjadi Rp8.000,- per karung, " Jelas Amri kepada awak media.

Hal senada juga disampaikain oleh salah seorang petani bernama Muzayat, Ia mengatakan dengan dibukanya badan jalan, petani tak lagi kesusahan mengangkut hasil panen.

"Kami selaku petani sangat bersyukur, dengan adanya jalan ini, mengangkut hasil bumi tak lagi sulit, terima kasih kami ucapkan kepada pemerintahan desa yang telah berusaha memberikan yang terbaik bagi kesejahteraan warga", Tandas Muzayat. (Andrean)

Post a Comment

Previous Post Next Post