Kapolda Lampung Tinjau Fasilitas Kesehatan Thermal Therapy di Tubaba

Lampung, UNDERCOVER - Kapolda Lampung Irjen Pol Hendro Sugiatno bersama Gubernur Arinal Djunaidi meninjau fasilitas kesehatan di lokasi desa Uluan Nughik Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kamis (12/8).




Uluan Nughik Thermal Therapy (UNTT) merupakan sebuah metode pengobatan yang dikembangkan Pemkab setempat bekerja sama dengan beberapa dokter dan relawan. Tujuannya untuk membantu menaikan daya tahan tubuh pasien penderita Covid-19.

Menurut dr. Pramono Satrio Wibowo direktur RSUD Tulang Bawang Barat, salah satu anggota Tim, Metode UNTT ini mengadopsi dari kearifan lokal. Dimana sebagian besar masyarakat Lampung saat melakukan pengobatan menggunakan metode Betangas. Yakni salah satu metode tradisional yang banyak digunakan oleh masyarakat dalam mengobati bermacam penyakit dengan menggunakan uap panas dan rempah dalam ruang tertutup.

Metode UNTT ini telah diterapkan selama 3 bulan dan sebelumnya telah diuji coba kepada beberapa sukarelawan dan tentunya dengan pengawasan yang ketat dari Tim UNTT yang terdiri dari beberapa Dokter yang kompeten dan memberikan hasil baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh pasien.

Dalam kesempatan tersebut Hendro mengapresiasi Bupati Umar Ahmad atas inovasi yang dilakukan Pemkab dengan mendirikan dan mengembangkan UNTT.

“Saya menyambut baik pak bupati, mudah – mudahan ini merupakan satu solusi yang merupakan bagian dari upaya pengendalian dalam rangka kita menangani Covid,” katanya.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan secara langsung ke instalasi Termal Therapy (UNTT), Kapolda bersama Forkopimda, Bupati Umar Ahmad serta beberapa Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama. (gnd/penmas)

Post a Comment

Previous Post Next Post