DUKUNG PROGRAM PEMERINTAH INSAN MARITIM PELABUHAN PANJANG MENGGELAR KEGIATAN 3.100 DOSIS VAKSIN







Bandarlampung, UNDERCOVER - Dalam rangka mengisi hari ulangtahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 76 dan mendukung program Pemerintah terkait percepatan Vaksinasi Covid-19 dan Optimalisasi Pencegahan penularan Covid-19 di Area Pelabuhan, pada hari Senin sampai dengan Kamis (16 s.d 19 Agustus 2021) Insan Maritim Pelabuhan Panjang menggelar kegiatan Vaksinasi Covid-19 secara masal kepada masyarakat yang beraktifitas di Pelabuhan Panjang sejumlah 3.100 dosis vaksin tahap pertama, mengingat Pelabuhan Panjang merupakan area publik yang rentan terhadap penularan Covid-19.

Kegiatan vaksin masal ini digagas melalui sinergi Instansi Maritim Pelabuhan Panjang yang terdiri dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Panjang, PT. Pelindo II (Persero) Cabang Panjang, Pangkalan TNI Angkatan Laut (LANAL) Lampung, Direktorat Polairud Polda Lampung, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Panjang, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Lampung, KPP Bea dan Cukai Bandar Lampung, Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Panjang, dan seluruh instansi terkait lainnya di Pelabuhan Panjang.


Dalam sesi wawancara dengan insan pers, Pelaksana Tugas Kepala KSOP Kelas I Panjang, Capt. Hendri Ginting, MM menyampaikan bahwa kegiatan vaksin ini digagas dan dirancang bersama oleh seluruh Insan Maritim Pelabuhan Panjang yang bertujuan untuk memberikan peningkatan kekebalan kelompok (Herd Immunity) bagi seluruh masyarakat yang beraktifitas di Pelabuhan Panjang dari ancaman paparan virus Covid-19. “ Pada momentum Hari ulang tahun Republik Indonesia ke 76 ini, Kami dari Insan Maritim Pelabuhan Panjang memberikan vaksinasi kepada para tenaga kerja bongkar muat (TKBM), pengemudi kendaraan angkutan operasional di Pelabuhan, pegawai Instansi Maritim, pegawai keagenan dan seluruh masyarakat yang beraktifitas di Pelabuhan” ucap Hendri.

Hendri menambahkan bahwa Kegiatan vaksin masal insan maritim ini direncanakan berlangsung selama 4 hari, “vaksin masal dimulai pada Senin 16 Agustus 2021 sampai dengan Kamis 19 Agustus 2021 dengan pengaturan jadwal dalam satu hari dibagi menjadi 4 sesi agar tidak terjadi penumpukan calon peserta, sehingga total pelaksanaan vaksin per hari berjumlah 750 - 775 orang agar mencapai target total sebanyak 3.100 dosis vaksin tahap pertama. Dalam hal ini KKP telah menyiapkan sebanyak 6.200 dosis vaksin yang dibagi menjadi vaksin tahap pertama dan tahap kedua” imbuh Hendri.


Sementara itu, General Manager PT. Pelindo II (Persero) Cabang Panjang, Adi Sugiri mengungkapkan bahwa kegiatan vaksin masal ini sebagai bentuk kontribusi Insan Maritim Pelabuhan Panjang kepada masyarakat, seiring dengan program pemerintah dalam upaya menekan laju penularan virus Covid-19. “Semoga kegiatan vaksin masal tahap pertama ini dapat berjalan dengan lancar, selanjutnya dalam waktu satu bulan ke depan akan dilaksanakan Kembali vaksin masal untuk dosis tahap kedua” ujar Adi.

Mekanisme pelaksanaan vaksin ini dimulai dengan pelaksanaan pendaftaran jauh hari sebelumnya sehingga calon penerima vaksin yang hadir merupakan pesrta yang telah terdaftar. Adi menambahkan, “Belajar dari pengalaman sebelumnya, KKP Panjang menyarankan agar dilakukan pendataan calon peserta vaksin sebelum pelaksanaan kegiatan, sehingga tidak terjadi banyak kerumunan masyarakat karena peserta telah ditentukan jadwal pelaksanaannya. Pendataan calon peserta dilakukan oleh panitia yang terdiri dari gabungan pegawai instansi maritim Pelabuhan Panjang”.

Sebagai informasi, tenaga vaksinator dalam kegiatan ini merupakan gabungan tenaga medis yang berasal dari KKP Kelas II Panjang, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Lanal Lampung dan IPC Panjang. Sementara tenaga administrasi merupakan gabungan dari pegawai KSOP Kelas I Panjang, IPC Panjang, Kantor SAR Lampung, serta KPP Bea dan Cukai Bandar Lampung. Sedangkan untuk tenaga keamanan didukung oleh Lanal Lampung, Polairud Polda Lampung, KSKP Panjang, KSOP Kelas I Panjang, Kantor SAR Lampung dan IPC Panjang.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan TNI Angkatan Laut Lampung, Kolonel (P) Nuryadi menyampaikan harapannya semoga kegiatan vaksin masal ini berjalan lancar dan memenuhi target yang ditetapkan. Ditambahkan pula bahwa Lanal Lampung turut serta mensukseskan kegiatan ini dengan mengirimkan tenaga kesehatan yang berasal dari Balai Pengobatan Lanal Lampung.(Red)

Post a Comment

Previous Post Next Post