Deklarasi Damai Pilkakam, Upaya Cegah Premanisme



Way Kanan, UNDERCOVER - Bupati Way Kanan R. Adipati S menghadiri acara Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Kampung (pilkakam) dalam rangka Pilkakam serempak se Kabupaten Way Kanan tahun 2021 di Aula kantor Kecamatan Blambangan Umpu, rabu (19/05/2021).


Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua II DPRD, Hi. Romli, S. Pd, Dandim 0427/Way Kanan, Letkol Inf. Anak Agung Gede Rama, CP, S.Sos., M.Tr. (Han), Kadis PMKD Ixuan Ahmadi S, Danramil Blambangan Umpu, Kapten Arm. Yana Mulyana, Kapolsek Blambangan Umpu, Kompol Edy Saputra, Bhabinkamtibmas, Pj Kakam Sri Rejeki, Lembasung dan Umpu Bhakti, dan para calon Kakam.


Dalam sambutannya Raden Adipati Surya mengatakan, deklarasi damai ini bukan hanya kegiatan seremonial, tapi komitmen bersama dalam menciptakan situasi kondusif, aman, sehat dan selamat, dengan tertibnya Kamtibmas di tengah pandemi Covid-19.


“Berbeda pilihan itu biasa, namun kita tetap menjaga persaudaraan. Kampanye jangan provokasi, tidak saling menjelek-jelekan yang mengarah ke pribadi, dan jangan menggunakan cara premanisme. Akan bermartabat, apabila kita menang dengan cara yang baik,” ujar Bupati.


Pada acara tersebut di bacakan dan ditandatanganin Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Kampung tahun 2021, dalam rangka pelaksanaan pemilihan kepala kampung serentak di kabupaten Way Kanan, dimana Kesepakatan tersebut juga telah di terima dan di sepakati oleh seluruh calon Kepala kampung dengan bukti membaca kesepakatan bersama yang di wakili oleh M Helmi Ibrahim salah satu calon kepala kampung Lembasung.





Usai kegiatan tersebut Bupati berpesan kepada seluruh calon kepala kampung agar sepakat melancarkan pilkakam dengan damai aman dan tertib agar masyarakat nya bebas dalam memilih pilihan nya tanpa ada paksaan dari pihak manapun termasuk terbebas dari penekanan premanisme & kriminalitas apabila hal penekanan tersebut terjadi TNI polri telah siap memberi tindakan tegas.


Sementara itu Dandim 0427/Way Kanan, Letkol Inf. Anak Agung Gede Rama, CP, S.Sos., M.Tr. (Han) menambahkan pihaknya bersama Kepolisian telah siap mengamankan pilkakam dimana 150 personel TNI akan diturunkan untuk mengamankan daerah kampung-kampung di way kanan yang menyelenggarakan pemilihan kepala kampung, agar situasi aman dan kondusif dari oknum-oknum yang melakukan penekanan atau premanisme.


Ditemui di ruang kerjanya, Plt Camat Blambangan Umpu, Edi Suprianto menyampaikan terima kasihnya, atas kedatangan Bupati Way Kanan bersama Forkopimda karena menjadikan penyemangat dalam pelaksanaan prosesi Pilkakam di Kecamatan Blambangan Umpu.


Edi pun menambahkan, Pilkakam serentak di Kecamatan Blambangan Umpu dilakukan di empat kampung yakni, Sri Rejeki, Lembasung, Umpu Bhakt dan Tanjung Sari.



Yanto Kitur dan Wan Ajo Melaporkan

Post a Comment

Previous Post Next Post