Dunia & Indonesia masih berjibaku



UNDERCOVER - Pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2020 mengalami kontraksi (minus) 3.4% akibat pandemi covid19 yang melanda dunia.

Sedangkan Indonesia walaupun mengalami kontraksi (minus) 2.07% masih diatas rata2 dunia dan masih terbaik nomer 4 setelah China, Vietnam dan Korsel.

Bagaimana dengan proyeksi tahun 2021 ?

Melihat fenomena yang terjadi dimana sebagian negara didunia mengalami tsunami gelombang ke 2 bahkan ke 3 dengan jumlah infeksi yang meningkat tajam serta distribusi vaksin yang tidak merata dan tidak sesuai harapan, maka patut diduga pertumbuhan ekonomi dunia juga tidak akan begitu menggembirakan walaupun akan terjadi peningkatan.

Begitu juga dengan Indonesia diprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak akan mencapai 5% seperti yang ditargetkan ppemerintah diawal tahun, karena banyak kendala dan indikator yang kurang menggembirakan terkecuali ada mukjijat pandemi usai seketika.

Saya memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia tidak akan melebihi 3 % atau berkisar antara 1.5 % dan maksimal 3 % dengan catatan terjadi aktifitas ekonomi yang signifikan di kuartal ke 3 dan ke 4 tahun 2021.

Tanpa adanya ekspansi kredit perbankan, peningkatan konsumsi masyarakat, bergairahnya investasi, masifnya proyek2 pemerintah dan sehatnya BUMN dengan ditandai pulihnya masalah keuangan BUMN maka pertumbuhan ekonomi yg signifikan mustahil akan tercapai.

Dan itupun dengan catatan bahwa penyebaran infeksi covid19 bisa ditanggulangi dan tidak terjadi gelombang covid19 ke 2 di negeri ini yang akan kembali meluluhlantakkan seluruh sendi perekonomian nasional.

Mari kita tetap jaga prokes dengan disiplin walaupun tetap melakukan seluruh aktifitas kita dengan disiplin di era norma baru ini, karena pandemi ini belum usai tapi kita harus tetap optimis dan tetap disiplin bahwa badai pasti akan berlalu...

Seperti tulisan2 saya sebelumnya bahwa tidak ada yang bisa menjamin kapan pandemi ini akan usai dan tidak bermutasi sehingga kita harus siap dan mau beradaptasi dengan perubahan tatanan baru atau norma2 baru untuk bisa bertahan bahkan mengambil momentum ini untuk rebound.

Wallahualam.

ditulis oleh : Andi Desfiandi

Post a Comment

Previous Post Next Post