Musrenbang Kabupaten Way Kanan, Bupati Tekankan Misi 4 Tahun Kedepan


Way Kanan, UNDERCOVER - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Way Kanan Tahun 2021 Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Way Kanan Tahun 2022 dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Way Kanan, di Ruang Rapat Utama, Jum'at (26 / 03/2021.


Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, SH, MM yang berhalangan hadir menyampaikan yang menyatakannya secara tertulis. Menurutnya Musrenbang Kabupaten Tahun 2021 ini merupakan bagian penting dari sistem perencanaan pembangunan Nasional sebagai upaya untuk mewujudkan sinergitas pembangunan dari tingkat Kampung, Kabupaten, Provinsi dan Nasional.


Menurutnya melalui musrenbang ini diperlukan masukan agar dapat meningkatkan kualitas RKPD Tahun 2022 sehingga pemerintah dapat menentukan arah kebijakan dan program pembangunan tahun 2022 dalam menjawab berbagai masalah aktual yang dirasakan oleh masyarakat. 


RKPD Way Kanan tahun 2022 merupakan tahun pelaksanaan dari RPJMD tahun 2021–2026. Dokumen RKPD disusun untuk menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan dan penganggaran juga mempunyai kepentingan yang penting, secara formal yang menjadi landasan penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA), Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara, dan RAPBD Tahun Anggaran 2022.


Meskipun dari aspek Kesehatan mulai bisa mengendalikan, dan ada harapan yang baik dari upaya optimalisasi Vaksinasi, Akan tetapi pemulihan pemulihan ekonomi dan sosial masih memerlukan waktu dan biaya yang besar, tulis Bupati


Transfer dana menjadi andalan yang terjadi. Sedangkan beban kewajiban daerah terus meningkat seperti penambahan Siltap, BPJS, Pilkada, disamping harus menyelesaikan tugas wajib yang diberikan.



Bupati berharap rencana pembangunan 2022 harus berdasarkan prioritas dengan target fokus yang lebih memperhatikan dan memperhatikan kondisi keuangan sehingga dalam menyusun program prioritas pembangunan harus lebih sesuai permasalahan aktual yang kita hadapi serta memiliki dampak kemanfaatan publik dengan memperhatikan hasil evaluasi kinerja pembangunan sebelumnya dan memperhatikan isu strategis yang berkembang saat ini.


Dengan memperhatikan Tema dan Prioritas Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dan Rencana Kerja Pemerintah Provinsi tahun 2022. Kemudian memperhatikan memperhatikan Visi dan Misi RPJMD Way Kanan 2021-2026 yang saat ini dalam proses yaitu: “Way Kanan Unggul dan Sejahtera” dengan Misi 4 Tahun kedepan akan :


1. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

2. Meningkatkan Kualitas Lingkungan Hidup Dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjutan

3. Meningkatkan Kualitas Kehidupan Masyarakat dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Daerah

4. Meningkatkan Perekonomian Daerah Berbasis Kawasan mendukung Infrastruktur

Maka Tema Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Way Kanan tahun 2022 yaitu, Memantapkan Pemulihan Ekonomi, Peningkatan Kesehatan dan SDM Berkualitas menuju Way Kanan Unggul Sejahtera. Dengan program prioritas Antara lain

• Pembangunan SDM terutama Pengendalian Covid 19, pelayanan Pendidikan & sosial;

• Pemulihan Ekonomi, peningkatan produktivitas pertanian IKM, UMKM, dan Pariwisata & Peluang investasi;

• Meningkatkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik;

• Pengelolaan lingkungan hidup & Infrastruktur untuk mendukung ekonomi dan pelayanan publik.



Wan Ajo Melaporkan


Post a Comment

Previous Post Next Post